GeoGebra : Aplikasi Cerdas untuk Guru Matematika

Kamu guru matematika?

Kesulitan untuk menjelaskan materi yang berhubungan dengan fungsi, limit, turunan, integral, dll?

Saya bekerja di industri alat peraga pendidikan, tempat saya bekerja membuat alat peraga untuk membantu proses pengajaran di kelas sehingga materi lebih mudah diserap oleh siswa dengan bantuan visualisasi alat peraga.

Khusus untuk matematika, alat berfungsi untuk memvisualkan konsep matematika yang abstrak kedalam bentuk nyata sehingga diharapkan materi lebih mudah untuk dimengerti.

Semakin tinggi tingkat pendidikan (SD, SMP, SMA, PT), semakin abstrak materi pelajarannya dan semakin sulit untuk dinyatakan dalam bentuk nyata.

Meskipun alat bantu berupa fisik sulit untuk dikembangkan dalam membantu proses belajat mengajar, bukan berarti tidak ada cara untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Salah satu solusinya adalah dengan membuat animasi visual terkait dengan materi yang diajarkan sehingga siswa dapat lebih mudah mengerti materi.

Ada beragam software untuk membuat animasi visual, namun pada kesempatan kali ini saya ingin mengenalkan GeoGebra. Sebuah aplikasi yang powerfull untuk membantu khususnya guru matematika dalam menyampaikan materi kepada siswa.

Apa kelebihan Geogebra dibandingkan aplikasi lainnya?

  1. Mudah digunakan seperti kalkulator.
  2. Tidak perlu coding yang rumit untuk membuat animasi.
  3. Multi flatform, windows, mac, linux, android, ios.
  4. Web base.
  5. Point yang paling penting, aplikasi ini open source alias gratis.

Itulah beberapa point keunggulan GeoGebra, berikut salah satu contoh dynamic worksheet yang dapat dibuat dengan GeoGebra, saya ambil dari https://www.geogebra.org/m/YWXzSZTf kemudian saya embedkan di web saya ini.

https://www.geogebra.org/material/iframe/id/YWXzSZTf/width/650/height/400/border/888888

*update: Blog gratisan seperti wordpress.com tidak mengizinkan penggunaan tag html iframe sehingga tidak bisa menampilkan dynamic worksheet dari geogebra. Untuk tampilan dynamic worksheet silakan kunjungi bloh saya di trikoni.azzahrawo.com.  Untuk melihat dynamic worksheet dari geogebra anda bisa kunjungi link berikut >> https://www.geogebra.org/m/YWXzSZTf

screenshot-from-2016-10-21-15-16-38

Bagaimana? tertarik untuk explore lebih jauh, ok kita kupas lebih dalam tentang GeoGebra di tulisan mendatang.

***

Untuk downloat aplikasinya bisa buka link berikut ya https://www.geogebra.org/download download sesuai dengan OS yang kamu miliki.

Salam Matematika! 🙂


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a comment